Rabu, 25 Desember 2013

Gua Maria Tritis Wonosari: Objek Wisata Stalaktit Alam


Gua Maria Tritis Wonosari: Objek Wisata Stalaktit Alam - Yogjakarta adalah salah satu objek wisata terkenal di Pulau Jawa. Beragam tempat wisata yang sarat dan kebudayaan yang kental menjadikannya sebagai salah satu objek wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjunginya. Dari sekian banyaknya objek wisata di Yogjakarta, barangkali anda perlu menyempatkan diri untuk mengunjungi Gua Maria Tritis. Gua stalaktit ini sebenarnya adalah wisata yang beraroma religius serta merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik khususnya. 

Gua Maria Tritits terletak di Gunungkidul, yang bisa ditempuh melalui berjalan kaki. Ada sekitar 14 titik pemberhentian yang ditandai dengan batu bergambarkan perjalanan Yesus ketika disalibkan. Pada titik pemberhentian ke-12 anda akan menemui 3 buah salib Yesus Kristus yang mensimbolkan makna ketika Yesus disalib.  Bagi anda yang tidak kuat berjalan jauh, memang terdapat 2 rute untuk menempuh Gua Maria Tritis Gunungkidung ini. Meskipun keduannya harus ditempuh dengan berjalan kaki, namun perbedaan jarak kedua rute cukup jauh.

Pemberhentian ke-12 Gua Maria Tritis
Pemberhentian ke-12 Gua Maria Tritis

Untuk rute pendek misalnya, anda bisa mencapai titik pemberhentian ke-12 ini hanya dengan jarak sekitar 0,5 km dari area parkir wisata. Sedangkan untuk rute panjang memerlukan jarak sekitar 1,5 km. Perjalanan menuju mulut Gua Maria Tritis sendiri tidaklah selicin aspas, karena permukaan jalan berbatu, penuh belokan, ada yang lebar dan sempit. Namun dengan lokasinya yang terletak di tengah alam dengan diselimuti oleh pemandangan hutan di kiri dan kanannya membuat perjalanan menjadi cukup mengasyikkan. 

Sebagai objek wisata, Gua Maria Tritis ini tentu tak luput dari para pengais rezeki. Hal ini dapat ditemui sejak anda turun dari tempat parkir, sejumlah pengojek payung sudah siap-siap menghampiri sembari menawarkan jasa ojek payungnya. Teriknya matahari kala langit cerah di tempat ini memang menjadi peluang tersendiri bagi pengojek payung untuk mencari rezeki. Selain itu, para pengojek payung tersebut juga ibarat pemandu yang akan menemani anda. Sembari menempuh perjalanan menuju Gua Maria Tritis, mereka akan bercerita mengenai tempat wisata tersebut.

Objek Wisata Gua Maria Tritis di Wonosari

Gua Maria Tritis ini berada di Desa Singkil, Wonosari. Agak berbeda memang dengan Gua Maria yang berada di Pring Sewu, Lampung. Gua Maria Tritis ini dikelilingi oleh batu kapur yang membentuk Gua stalaktit yang berusia ribuan tahun. Nama Tritis sendiri (bukan Parang Tritis) diberikan sesuai dengan ciri khas Gua sendiri yang kerap meneteskan air. Keberadaan Gua Maria Tritis ini terbilang baru karena baru ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang anak kecil yang bermain-main ke hutan. Setelah menemukan tempat ini, lalu ia memberitahukan kepada Pastur setempat yang kemudian membangunnya menjadi tempat wisata dan ziarah religi.

Patung di Gua Maria Tritis ini berwarna keabu-abuan dan terbuat dari batu gunung merapi, terletak di dalam Gua stalaktit berlumut yang sangat indah. Beberapa stalaktit tajam yang membahayakan pengunjung akan dipotong oleh pihak pengelola. Di dalam Gua Maria Tritis ini juga terdapat salib putih yang berada di atas altar yang kerap dijadikan objek untuk berdoa, terutama bagi para peziarah yang beragama Katolik. Bagi anda yang lelah menempuh perjalanan, disediakan juga banyak kursi panjang untuk duduk sejenak. Objek wisata Goa Maria Tritis ini bisa jadi salah satu tempat yang layak anda kunjungi saat sedang berlibur ke sana. Untuk informasi selengkapnya mengenai wisata ini bisa mengunjungi situs mereka di www.guamaria.info.

Gua Maria Tritis
Goa Maria Tritis  (by:Syanne Susita)


Demikianlah informasi mengenai Gua Maria Tritis Wonosari: Objek Wisata Stalaktit Alam. Semoga bermanfaat :-)

artikel seputar tempat wisata lainnya mengenai:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar